Jumat, 15 Januari 2016

Ilmu Bantu Sejarah


1. Paleontologi
            Paleontologi adalah ilmu yang mengkaji bentuk-bentuk kehidupan purba yang pernah ada di muka bumi, terutama fosil- fosil.

2. Paleoantropologi
            Kalau paleontologi merupakan ilmu yang mempelajari fosil-fosil binatang dan tumbuh-tumbuhan, maka paleoantropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia-manusia purba sehingga disebut juga antropologi ragawi.

3. Arkeologi
            Arkeologi adalah kajian ilmiah, mula-mula menghsilkan kebudayaan prasejarahdengan cara penggalian (ekskavasi) dan pemaparan ( deskripsi) sisa-sisa peninggalan prasejarah. 

4.Paleografi
            Paleografi adalah kajian tentang tulisan-tulisan kuno, termasuk ilmu membaca,menentukan waktu (tanggal), dan menganalisis tulisan-tulisan kuno.

5. Epigraf
            adalah pengetahuan mengenai cara membaca, menentukan tanggal atau waktu, dan menganalisis tulisan atau inkripsi kuno pada benda-benda yang dapat bertahan lama.

6.Ikonografi
            Ikonografi adalah ilmu tentang arca-arca atau patung-patung kuno dari zaman prasejarah dan sejarah.

7.Numismatik 
            Numismatik adalah ilmu yang mempelajari mata ung (coins), asal-usul, teknik  pembuatannya, sejarah, mitologi dan seninya.

8. Genealogi
            Genealogi adalah pengetahuan mengenai asal-usul nenek moyang atau keturunankeluarga seseorang atau beberapa orang.

9. Filologi
            Filologi adalah ilmu yang mempelajari naskah-naskah kuno.

10.  Etnografi
            Etonografi merupakan salah satu cabang dari antropologi kajian ini memberikan deskripsi dan analisis tentang kebudayaan suatu masyarakat atau kelompok suku bangsa (ethnic group) tertentu.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Adibatur Rahmawati Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template